SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Senin, 03 Juni 2013



               DEFINISI SOFTSKILL


          Softskill adalah istilah dalam EQ seseorang yang dapat di kategorikan kedalam kehidupan sosial komunikasi, dan kebiasaan, softskill merupakan keterampilan seseorang yang berhubungan dengan bidang ilmunya, yang melatari adanya softskill adalah karena setiap orang memiliki bakat yang dimana bakat tersebut nantinya akan mempengarusi segi psikologi dari orang tersebut dalam kehidupannya.
Softskills adalah sebuah istilah dalam sosiologi tentang EQ (Emotional Intelligence Quotient) seseorang, yang dapat dikatagorikan /klusterkan menjadi kehidupan sosial, komunikasi, bertutur bahasa, kebiasan, keramahan, optimasi.

Adapun Pengertian SoftSkill menurut Para Ahli
Soft skill adalah suatu kemampuan, bakat, atau keterampilan yang ada di dalam diri setiap manusia. Soft skill adalah kemampuan yang dilakukan dengan cara non teknis, artinya tidak berbentuk atau tidak kelihatan wujudnya.  Namun , softskill ini dapat dikatakan sebagai keterampilan personal dan inter personal.
Yang dimaksud softskill personal adalah kemampuan yang di manfaatkan untuk kepentingan diri sendiri. Misalnya, dapat mengendalikan emosi dalam diri,  dapat menerima nasehat orang lain, mampu memanajemen waktu, dan selalu berpikir positif. Itu semua dapat di kategorikan sebagai softskill personal.
Kemudian yang dimaksud softskill inter personal adalah kemampuan yg dimanfaatkan untuk diri sendiri dan orang lain. Contohnya,  kita mampu ber hubungan atau ber interaksi dengan orang lain, bekerja sama dengan kelompok lain, dan lain lain
Berarti Seseorang tidak cukup hanya mempunyai SoftSkill saja tetapi harus mempunyai Hardskill yang memadai/berkualitas untung menunjang softskill orang tersebut.softskill dan hardskill sangat diperlukan untuk kehidupan kita sehari-hari,tidak cukup hanya softskill saja.
Menurut Kamus wikipedia (2009) mendifinisikan soft skill sebagai :
“sociological term relating to person’s emotional quotient, the cluster of personality traits, social graces, communication, language, personal habits, friendliness, and optimism that characterized reletionships with other people.
            Jadi dapat disimpulkan bahwa softskill adalah perilaku individu seseorang yang bersifat personal maupun interpersonal yang dapat berkembang sehingga meningkatkan kualitas hidup seseorang.
            Adapun Tujuan Softskill Yang saya Kutip Dari http://taufiqcore.blogspot.com/
TUJUAN SOFTSKILL
Antara Lain :
1. Untuk integritas mahasiswa,
2. Untuk inisiatif pada pengarahan tulisan,
3. Memotivasi agar memperoleh wawasan yang luas,
4. Mendapatkan etika,
5. Menambah kerja sama dalam tim,
6. Membentuk kepemimpinan,
7. Menumbuhkan kemauan belajar,
8. Berkomitmen komitmen,
9. Berkomunikasi lisan,
10. Berargumen logis, dan lainnya

Menurut Saya Dapat Disimpulkan Tentang Softskill
            Sofskill merupakan kemampuan individu seseorang yang bersifat personal ataupun interpersonal yang menunjang skill seseorang itu sendiri,maka dari itu seseorang harus terus berlatih untuk mengasah ilmu softskillnya sehingga dapat menunjang kehidupan orang itu sendiri,banyak seseorang hanya tahu tentang softskill tetapi tidak tahu cara mengembangkan ilmu softskill itu sendiri.


Inilah Beberapa Referensi sumber yang saya dapatkan Dari:
http://taufiqcore.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar